Selasa, 10 April 2012

Kacang Hijau, Boleh Langsing dan Muluskan Kulit


Kacang Hijau
Banyak cara maskan yang memanfaatkan kacang hijau sebagi bahan utama. Mulai terbuat dari kuih muih dan bubur. Bukan hanya boleh dihidangkan makanan dalam kehidupan sehari-hari namun juga jika kita liat dan amati kacang hijau ini banyak manfaatnya sebaliknya untuk kesehatan dan kecantikan tubuh.

Tanaman yang berasal dari India ini memiliki nama Latin yaitu Phaseolus Aereus dari sejenis Leguminoseae alis dari kumpulan kacang. Kandungan proteinnya cukup tinggi dan juga merupakan sumber B1 dan B2.

Juga kaya akan Mineral penting, Kalsium, Fosfat, serta Karotin yang sangat diperlukan oleh tubuh. Sesuai bagi yang mempunyai masalah berat badan. Kandungan zat gizi yang lengkap dari kacang hijau yang sangat bermanfaat untuk membantu mengatasi pelbagai hal. 

Kacang hijau lazimnya boleh diolah masih dalam bentuk kering atau ditumbuhkan. Kacang hijau direndam semalamandalam air, dibiarkan bertumbuh dalam bekas yang lembab untuk mempercepat pertumbuhannya. Setelah bertunas atau lebih dikenali lagi kacang tauge, mengalami perubahan zat gizi yang cukup baik yaitu serat kasar, sedangkan konsentrasi zat gizi lain mengalami penurunan karena proses pengendapan.

Tak kalah dari kacang hijau, tauge juga memberi keuntungan pada tubuh. Antaranya zat Antioksida yang membantu melambatkan proses penuaan dan dapat menghalagi penyebaran sel kanser. Vitamin E-nya dapat membantu meningkatkan kesuburan.

Karena bersifat Alkali, tauge sangat baik untuk meneutralkan asid dan melancarkan sistem pencernaan. Ia juga untuk kecantikan yaitu boleh mengembalikan keremajaan kulit, menghilangkan bintik-bintik hitampada wajah, menyembuhkan jerawat, menyuburkan rambut dan melangsingkan tubuh.(Ian)    

Tidak ada komentar:

Posting Komentar