Sabtu, 17 Maret 2012

Nikmatnya Bandrek Tepi Laut


Minuman Bandrek
Tepi Laut Tanjungpinang (MN) : Memang identik dengan kulinernya yang beragam. Mulai dari kuliner  air, Sea Food Tradisional sampai kuliner Moderen yang langka dan ada-ada saja,  semua ada di sini. Masing-masing memiliki kekhasan tersendiri. Sabtu (17/3).

Salah satu minuman favorit Masyarakat Tanjungpinang adalah Bandrek. Bila mendengar kata Bandrek, tentu yang ada dalam benak kita adalah secangkir minuman yang kaya akan terasa hangat yang mengalir tenggorokan.

Namun ternyata, minuman khas masyarakat tataran Sunda ini tidak sekedar hangat semata, melainkan mengandung sejuta manfaat untuk kesehatan tubuh, seperti melancarkan peredaran darah dan mencegah masuk angin. Bahkan, bila diminum secara rutin dapat mencegah penyakit Impotensi. Pasalnya, minuman yang terbuat secara turun temurun ini mengandung rempah-rempah dan gula aren serta diproduksi dari hasil alam tanpa menggunakan bahan pengawet.

Mungkin Anda mengenal minuman yang satu ini. Aroma rempahnya yang khas dan sedap, daging kelapa mudanya yang mantap, juga khasiatnya yang sangat bagus untuk kesehatan. Hmmm…yummy!!!. Belakangan ini cuaca dingin kerap terjadi di Tanjungpinang. Di tengah kondisi itu, ada baiknya Anda mengkonsumi minuman yang memberikan khasiat dan manfaat untuk menghangatkan badan. Apa lagi kalau bukan Bandrek.

Minuman Tradisional Asli Indonesia ini memang memiliki khasiat untuk menghangatkan badan. Karena terbuat dari bahan rempah- rempah alami jahe. Minuman Tradisional ini bahan baku utamanya selalu sama, yakni jahe. Namun, untuk memberikan citarasa dan kenikmatan yang berbeda dari minuman penghangat badan ini tentunya masing-masing penyedia kuliner di Kota Tanjungpinang  memiliki resep dan racikannya masing-masing.

“Jika racikan rempahnya saya langsung yang membuatnya. Tentunya bahan utamanya tetap jahe, namun ditambah berbagai rempah yang memiliki khasiat masing-masing,” ungkap Ibu Atik, pemilik salah satu Bandrek di Tepi Laut, Tanjungpinang.

“Dia menuturkan rempah-rempah memiliki khasiat untuk menambah kekuatan wangi, ada pula sebagai menambah kehangatan, dan kenikmatan citarasanya. Nah, dengan begitu kenikmatan dan khasiat dari bandrek ini juga lebih terasa. Racikan rempah-rempah ini saya buat menjadi serbuk, jadi bertender saya tinggal menyeduh saja,” katanya.

Bandrek Ibu Atik juga menyediakan Bandrek Susu Telur ( BST ), Teh Susu Telur (TST), dan Teh Tarik. Untuk teh tarik yang disediakan Bandrek Ibu Atik ini juga memiliki keistimewaan tersendiri, yakni menggunakan teh yang berasal dari negeri jiran Malaysia. “Teh tarik ini perpaduan antara teh Malaysia dan susu. Uniknya, teh Malaysia ini memberikan citarasa yang begitu nikmat,” promo Ibu Atik.

Citarasa yang tercipta dari racikan Bandrek Ibu Atik dalam mengolah teh tarik ini adalah kelat dan manis. “Kelatnya rasa teh ini berasal dari pekatnya teh yang disajikan dalam satu racikan untuk segelas teh tarik,” terangnya.

Untuk BST dan TST, Bandrek Ibu Atik menggunakan telur ayam kampung. “BST dan TST ini juga memiliki khasiat masing-masing. BST selain untuk menghangatkan badan juga untuk meningkatkan vitalitas tubuh. Dan TST selain untuk meningkatkan vitalitas tubuh dan menambah energi, juga sebagai anti oksidan yang terkandung pada tehnya,” ujarnya.( Herizan )

Tidak ada komentar:

Posting Komentar