Jumat, 23 Maret 2012

Biasakan Hidup Vegetarian, Yuuk!.....

Makanan Vegetarian
Semakin hari bertambah banyak orang yang mulai vegetarian. Keberadaan tersebut dapat dilihat dari banyaknya depot/ rumah makan yang menyediakan masakan vegetarian dimana selalu dipenuhi dan dipadati oleh pengunjung.

Di beberapa lokasi di kawasan
Kota Tanjungpinang khususnya di Suka Berenang, Tambak, Km.9 dan lain-lain bisa kita jumpai rumah makan khusus bagi vegetarian.  Sehingga orang hidup vegetarian di Kota Tanjungpinang tidak akan mengalami kendala dalam memenuhi menu makan sehari-hari atau merasa bosan menu yang menoton. Karena begitu banyak menu pilihan. Bahkan informasi mengenai makanan vegetarian dapat pula dilihat dan dibaca pada toko buku yang membahas hal tersebut dan dapat dipraktekkan langsung di rumah.

Vegetarian ini sendiri yang semula merupakan ajaran agama
/kepercayaan, berkembang menjadi gaya hidup masyarakat. Bahkan alasan orang mengkosumsi vegetarian telah berkembang dan mentransformasi diri dari kesehatan, etika sampai menyentuh lingkungan.

Orang vegetarian saat makan bersama dengan orang yang tidak vegetarian terkadang orang merasa kasihan menu sederhananya, seperti tahu dan tempe. Mereka memandang makanan tersebut belum cukup dan kurang mewah. Seakan-akan makanan ini hanya cocok dikonsumsi orang-orang ekonomi menengah ke bawah. Padahal kalau dilihat dari kadar nutrisinya, makanan tersebut tidak kalah kadar gizi dengan daging yang ada, bahkan lebih baik dan sehat untuk tubuh.

Banyak orang masih merasa ragu-ragu dengan pola hidup vegetarian, apa vegetarian dapat memenuhi nutrisi tubuh dalam aktivitas hidup sehari-hari?
. Sungguh tidak benar bila dikatakan seorang vegetarian akan kekurangan gizi. Orang terkadang mempunyai pandangan yang keliru bahwa untuk kerja keras perlu daging dalam jumlah besar guna mencukupi gizi yang dibutuhkan. Jika dikatakan keluarnya tenaga perlu dibantu dengan makan daging. Bagaimana tenaga dan daya tahan kerbau maupun kuda dibandingkan dengan manusia. Sedangkan mereka seumur hidup hewan-hewan tersebut hanya mengandalkan makan rumput saja.

Apabila dicermati lebih jauh sebetulnya seorang vegetarian akan lebih sehat karena kerja alat-alat tubuh tidak dipaksakan, tidak berkuman, tidak mengandung lemak tak jenuh yang mengakibatkan penyumbatan jalan darah, mudah pencernaannya, bersih darahnya dan sehat hawa pikirannya. Sehingga bagi orang yang mau memulai makanan vegetarian mereka tidak perlu memiliki keragu-raguan atas hal tersebut.

Penelitian menunjukan mereka yang vegetarian memiliki resiko lebih rendah terhadap penyakit jantung, tekanan darah tinggi, diabetes, obesitas, dan kanker dibanding mereka yang banyak mengkonsumsi daging.

Mengubah kebiasaan secara tiba-tiba menjadi pelahap sayuran tentu saja tak mudah. Apalagi bagi para pecinta daging.Tapi, jangan menyerah sebelum mencoba ya
?, ikuti latihan menjadi vegetarian berikut ini:  
-sebagai langkah awal menuju hidup lebih sehat.
1
). Buatlah daftar menu makanan favorit tanpa daging.
Misalnya, gado-gado, sup kacang merah, dan sebagainya.
2
). Cari tahu menu makanan tanpa daging yang rasanya enak.
3. Belanja sendiri ke supermarket atau pasar tradisional.
Warna warni dan kesegaran sayuran bisa membuat kamu tergoda untuk mengolahnya.
4
). Gantilah menu yang berbahan dasar daging dengan menu yang berbahan dasar kedelai. Seperti tempe, tahu.
5
). Konsumsi makanan tersebut satu hari penuh, dua hari sekali, lalu lebih sering jika sudah merasa terbiasa.(Herizan).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar